Diberdayakan oleh Blogger.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Sumber foto: new.indotrading.com

Saya sebenernya tipikal orang yang males komplain kalau nemu produk yang gak sesuai dengan ekpektasi, cacat, rusak atau gimana.

Saya lebih milih “oh, yaudah.” Mungkin bukan rezeki, atau mungkin karena amal-amalan, yelah anaknya pasrahan amat ya. Tapi emang bener sih, saya jarang banget yang namanya komplain atau apalah, even itu beli ke temen atau tetangga. Saya mah lebih milih diem dan menerima takdir, mwahaha.

Tapi, semenjak mengenal dunia blogging, sosmed, dan sering berkomunikasi dengan orang lain via email atau social media, saya jadi merasa biasa untuk ngomong, mengutarakan pendapat, bahkan untuk urusan komplain.

Dulu pernah saya komplain terhadap layanan PLN di rumah lewat twitter dan email, alhamdulillah ditanggapi dan langsung ditangani oleh pihak PLN perihal kerusakan listrik di rumah saya.


Dan kali ini, tepatnya beberapa waktu lalu sih. Saya mendapatkan produk susu milik Ultra Jaya yang tidak sesuai dengan standar produk mereka.

Ya intinya sih biasanya saya beli susu ultra itu enak dan baik aja kondisinya, eh kemarin itu saya beli susu ultra 250ml dengan kondisi susunya menggumpal kecil-kecil dan sudah berasa asam.

Beli di Warung Tetangga

Saya biasa kok beli susu ultra di warung tetangga. Pertama, karena praktis dan cepet, kalau ke mini market jauh dan harus antri di kasir. Kalau ke warung tetangga bisa langsung ambil dan bayar, jaraknya ga jauh dari rumah pula.

Dan seperti pada pembelian saya sebelum-sebelumnya, produk yang saya beli semuanya baik saja dan rasanya enak. Saya, Kifah, dan Aldebaran sering beli susu ultra jaya rasa coklat di warung tetangga itu, hampir setiap hari.

Sampai waktu itu saya minta Kifah beli susu ultra jaya rasa coklat ukuran 250ml, sebanyak 3 kotak. Dan ketika Kifah mau minum susunya, dia bilang “Ummi, ih kok susunya udah basi.”

“Ah, masa?” tanya saya ke Kifah.

Kifah langsung gak mau minum susunya, dan dia kasih kotak susunya ke saya.

Saya penasaran dong, kenapa kok bisa gak enak rasanya. Saya bukalah kotak susu ultra itu pakai gunting. Dan ternyata memang isinya sudah menggumpal kecil-kecil dan baunya udah gak terlalu enak.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Kotaknya saya gunting

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Susunya sudah menggumpal kecil-kecil gitu, baunya pun udah gak enak

Komplain Ke Ultra Jaya

Awalnya saya gak ada niat buat komplain, biasa kan prinsip saya mah “udahlah, mungkin emang bukan rezekinya.”

Tapi kok saya penasaran, pengen ngomong ke pihak ultra jaya soal masalah susu yang saya beli ini. Yaudah deh, akhirnya saya chat ke Facebook Fanpage ultra jaya.

Ketika saya chat gak langsung dibalas sih, karena emang waktu itu hari Minggu juga, adminnya lagi libur mungkin ya. Dan entahlah saya lupa, akhirnya dapat balasan dari admin social media susu ultra.

Jawabannya adalah saya diminta email langsung ke bagian Customer Service ultra jaya untuk melakukan pengaduan.

Hmm, sejauh ini sebenernya saya udah pengen selesai aja sih. Gak pengen email CS ultra jaya. Tapi lagi-lagi, saya penasaran.

Saya email lah CS ultra jaya, saya tulis keluhan saya soal produk susu ultra jaya yang saya beli itu. Gak lama juga sih, ternyata email saya dibalas oleh pihak ultra jaya.

Singkat cerita saya email-emailan dengan pihak ultra jaya, dan berujung pada pihak ultra jaya akan mengambil susu yang rusak itu ke rumah saya.

What, mau diambil ke rumah toh? Kirain mau udahan aja gitu setelah laporan.” Pikir saya waktu itu.

Pihak Ultra Datang Ke Rumah

Setelah saya kirim data diri dan alamat rumah, akhirnya pihak ultra jaya datang ke rumah saya. Siang-siang setelah sholat Jum’atan kalau saya ga salah inget.

Seorang Bapak dari ultra jaya datang ke rumah menggunakan mobil berwarna putih. Beneran deh, saya kira ultra jaya gak akan sejauh ini nyamperin ke rumah buat ambil produk mereka yang rusak, tapi ternyata mereka memang mendatangi dan mengambil setiap keluhan konsumen terhadap produk ultra jaya.

Salut juga sih, ultra jaya mau menyambangi konsumen mereka satu-satu, demi menjawab keluhan dan meningkatkan kualitas produk mereka.

Setelah memberikan produk susu ultra yang rusak itu, dan ngobrol kurang lebih 15 menit, saya berkesimpulan bahwa ultra jaya tanggap dan responsif terhadap keluhan pelanggannya.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Bingkisan dari ultra jaya, sebagai permohonan maaf
Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Dapet 6 kotak susu ultra UHT @250ml


Saya nanya-nanya, apakah banyak konsumen yang mengadukan masalah yang sama seperti saya? Bapaknya jawab, kalau ia sering menangani kasus seperti ini di wilayah Jabodetabek. Dan memang setiap minggunya ada 2-3 kasus seperti ini.

Bapaknya pun bilang, kalau kita beli di supermarket biasanya ada fasilitas komplain di supermarket tersebut, jadi kita bisa komplain langsung di supermarket tempat kita beli produk ultra, jika memang produknya tidak sesuai harapan.

Dan kalau teman-teman pernah mendapatkan produk ultra jaya yang tidak sesuai standar, bisa banget email ke ultra jaya ke customer_care@ultrajaya.co.id

Jangan buang produk yang kamu beli ya. Simpan kemasan dan juga isi yang ada di dalamnya, karena nanti pihak ultra jaya akan ke rumah untuk mengambil produk susu yang rusak itu, dan beberapa minggu kemudian, ultra jaya akan mengirimkan hasil uji laboratorium terhadap produk yang rusak tersebut.

Dan pada tanggal 6 November 2017 kemarin, pihak ultra jaya mengirimi saya surat hasil uji laboratorium tersebut. Hasilnya adalah ada kebocoran kecil/micro leaking yang terjadi pada kemasan susu yang saya beli tersebut.

Pengalaman Melakukan Komplain ke Ultra Jaya
Surat dari Ultra Jaya

Kebocoran kecil itu bisa terjadi karena gigitan binatang seperti semut atau kecoa, atau bisa jadi kesalahan penanganan ketika proses pengiriman barang.

Dan kebocoran kecil itulah yang membuat susu ultra di dalam kemasan jadi terkontaminasi oleh bakteri dari luar.

Jadi, seperti itu ya ternyata pemirsah.

Kesimpulannya, yelah pake kesimpulan segala, haha.

1.Jangan ragu kirim email ke ultra jaya kalau ada keluhan atau masalah di produknya yang kita beli.

2.Jangan buang kemasan dan isi kemasan produk ultra jaya yang rusak/tidak sesuai standar tersebut.

3.Kalau kita beli di supermarket, sebenernya kita juga bisa komplain ke supermarket tempat kita membeli produk ultra jaya.

4.Ultra jaya tanggap dan responsif terhadap keluhan konsumennya, two thumbs up.

5.Semoga setiap masukan dari konsumen bisa menambah kualitas semua produk dari ultra jaya.

Semoga kedepannya ultra jaya semakin baik produknya dan semoga saya gak dapet lagi produk yang gak sesuai standar. 

Karena pas dapet produk yang rasanya gak sesuai itu cukup ngagetin, Kifah sampe teriak bilang susunya rasanya gak enak, emaknya jadi rempong buat nenangin dan nyuruh dia minum air putih (mungkin udah terlanjur ketelen, dan untungnya anaknya gak apa-apa).

Dan satu lagi, sekarang kalau mau minum susu, waktu nyedot susunya itu hati-hati banget, dirasa-rasa dulu, takutnya dapet yang gak enak lagi. Hihihi.


Btw, ada yang pernah punya pengalaman yang sama?



3 komentar

  1. Iya keren, akupun tak menyangka

    BalasHapus
  2. Iya keren, akupun tak menyangka

    BalasHapus
  3. Bagian paling kerennya lagi, sampe disamperin sendiri loh ke rumah plus langsung diuji laboratorium susu yang gk enak tadi. Oke banget ya after sales service nya 👍🏻👍🏻

    BalasHapus