![]() |
Sumber foto: new.indotrading.com |
Saya sebenernya tipikal orang yang males komplain kalau nemu
produk yang gak sesuai dengan ekpektasi, cacat, rusak atau gimana.
Saya lebih milih “oh, yaudah.” Mungkin bukan rezeki, atau
mungkin karena amal-amalan, yelah anaknya pasrahan amat ya. Tapi emang bener
sih, saya jarang banget yang namanya komplain atau apalah, even itu beli ke
temen atau tetangga. Saya mah lebih milih diem dan menerima takdir, mwahaha.
Tapi, semenjak mengenal dunia blogging, sosmed, dan sering
berkomunikasi dengan orang lain via email atau social media, saya jadi merasa biasa
untuk ngomong, mengutarakan pendapat, bahkan untuk urusan komplain.
Dulu pernah saya komplain terhadap layanan PLN di rumah
lewat twitter dan email, alhamdulillah ditanggapi dan langsung ditangani oleh
pihak PLN perihal kerusakan listrik di rumah saya.
Dan kali ini, tepatnya beberapa waktu lalu sih. Saya mendapatkan
produk susu milik Ultra Jaya yang tidak sesuai dengan standar produk mereka.
Ya intinya sih biasanya saya beli susu ultra itu enak dan
baik aja kondisinya, eh kemarin itu saya beli susu ultra 250ml dengan kondisi
susunya menggumpal kecil-kecil dan sudah berasa asam.
Beli di Warung
Tetangga
Saya biasa kok beli susu ultra di warung tetangga. Pertama, karena praktis dan cepet, kalau ke mini market jauh dan harus antri di kasir.
Kalau ke warung tetangga bisa langsung ambil dan bayar, jaraknya ga jauh dari
rumah pula.
Dan seperti pada pembelian saya sebelum-sebelumnya, produk
yang saya beli semuanya baik saja dan rasanya enak. Saya, Kifah, dan Aldebaran
sering beli susu ultra jaya rasa coklat di warung tetangga itu, hampir setiap
hari.
Sampai waktu itu saya minta Kifah beli susu ultra jaya rasa
coklat ukuran 250ml, sebanyak 3 kotak. Dan ketika Kifah mau minum susunya, dia
bilang “Ummi, ih kok susunya udah basi.”
“Ah, masa?” tanya saya ke Kifah.
Kifah langsung gak mau minum susunya, dan dia kasih kotak
susunya ke saya.
Saya penasaran dong, kenapa kok bisa gak enak rasanya. Saya
bukalah kotak susu ultra itu pakai gunting. Dan ternyata memang isinya sudah
menggumpal kecil-kecil dan baunya udah gak terlalu enak.
![]() |
Kotaknya saya gunting |
![]() |
Susunya sudah menggumpal kecil-kecil gitu, baunya pun udah gak enak |
Komplain Ke Ultra Jaya
Awalnya saya gak ada niat buat komplain, biasa kan prinsip
saya mah “udahlah, mungkin emang bukan rezekinya.”
Tapi kok saya penasaran, pengen ngomong ke pihak ultra jaya soal
masalah susu yang saya beli ini. Yaudah deh, akhirnya saya chat ke Facebook
Fanpage ultra jaya.
Ketika saya chat gak langsung dibalas sih, karena emang
waktu itu hari Minggu juga, adminnya lagi libur mungkin ya. Dan entahlah saya
lupa, akhirnya dapat balasan dari admin social media susu ultra.
Jawabannya adalah saya diminta email langsung ke bagian
Customer Service ultra jaya untuk melakukan pengaduan.
Hmm, sejauh ini sebenernya saya udah pengen selesai aja sih.
Gak pengen email CS ultra jaya. Tapi lagi-lagi, saya penasaran.
Saya email lah CS ultra jaya, saya tulis keluhan saya soal
produk susu ultra jaya yang saya beli itu. Gak lama juga sih, ternyata email
saya dibalas oleh pihak ultra jaya.
Singkat cerita saya email-emailan dengan pihak ultra jaya,
dan berujung pada pihak ultra jaya akan mengambil susu yang rusak itu ke rumah
saya.
“What, mau diambil ke rumah toh? Kirain mau udahan aja gitu
setelah laporan.” Pikir saya waktu itu.
Pihak Ultra Datang Ke
Rumah
Setelah saya kirim data diri dan alamat rumah, akhirnya
pihak ultra jaya datang ke rumah saya. Siang-siang setelah sholat Jum’atan
kalau saya ga salah inget.
Seorang Bapak dari ultra jaya datang ke rumah menggunakan
mobil berwarna putih. Beneran deh, saya kira ultra jaya gak akan sejauh ini
nyamperin ke rumah buat ambil produk mereka yang rusak, tapi ternyata mereka
memang mendatangi dan mengambil setiap keluhan konsumen terhadap produk ultra
jaya.
Salut juga sih, ultra jaya mau menyambangi konsumen mereka
satu-satu, demi menjawab keluhan dan meningkatkan kualitas produk mereka.
Setelah memberikan produk susu ultra yang rusak itu, dan
ngobrol kurang lebih 15 menit, saya berkesimpulan bahwa ultra jaya tanggap dan
responsif terhadap keluhan pelanggannya.
![]() |
Bingkisan dari ultra jaya, sebagai permohonan maaf |
![]() |
Dapet 6 kotak susu ultra UHT @250ml |
Saya nanya-nanya, apakah banyak konsumen yang mengadukan
masalah yang sama seperti saya? Bapaknya jawab, kalau ia sering menangani kasus
seperti ini di wilayah Jabodetabek. Dan memang setiap minggunya ada 2-3 kasus
seperti ini.
Bapaknya pun bilang, kalau kita beli di supermarket biasanya
ada fasilitas komplain di supermarket tersebut, jadi kita bisa komplain
langsung di supermarket tempat kita beli produk ultra, jika memang produknya
tidak sesuai harapan.
Dan kalau teman-teman pernah mendapatkan produk ultra jaya
yang tidak sesuai standar, bisa banget email ke ultra jaya ke customer_care@ultrajaya.co.id
Jangan buang produk yang kamu beli ya. Simpan kemasan dan
juga isi yang ada di dalamnya, karena nanti pihak ultra jaya akan ke rumah
untuk mengambil produk susu yang rusak itu, dan beberapa minggu kemudian, ultra
jaya akan mengirimkan hasil uji laboratorium terhadap produk yang rusak
tersebut.
Dan pada tanggal 6 November 2017 kemarin, pihak ultra jaya
mengirimi saya surat hasil uji laboratorium tersebut. Hasilnya adalah ada
kebocoran kecil/micro leaking yang
terjadi pada kemasan susu yang saya beli tersebut.
![]() |
Surat dari Ultra Jaya |
Kebocoran kecil itu bisa terjadi karena gigitan binatang
seperti semut atau kecoa, atau bisa jadi kesalahan penanganan ketika proses
pengiriman barang.
Dan kebocoran kecil itulah yang membuat susu ultra di dalam
kemasan jadi terkontaminasi oleh bakteri dari luar.
Jadi, seperti itu ya ternyata pemirsah.
Kesimpulannya, yelah pake kesimpulan segala, haha.
1.Jangan ragu kirim email ke ultra jaya kalau ada keluhan atau
masalah di produknya yang kita beli.
2.Jangan buang kemasan dan isi kemasan produk ultra jaya
yang rusak/tidak sesuai standar tersebut.
3.Kalau kita beli di supermarket, sebenernya kita juga bisa
komplain ke supermarket tempat kita membeli produk ultra jaya.
4.Ultra jaya tanggap dan responsif terhadap keluhan
konsumennya, two thumbs up.
5.Semoga setiap masukan dari konsumen bisa menambah kualitas
semua produk dari ultra jaya.
Semoga kedepannya ultra jaya semakin baik produknya dan
semoga saya gak dapet lagi produk yang gak sesuai standar.
Karena pas dapet
produk yang rasanya gak sesuai itu cukup ngagetin, Kifah sampe teriak bilang
susunya rasanya gak enak, emaknya jadi rempong buat nenangin dan nyuruh dia
minum air putih (mungkin udah terlanjur ketelen, dan untungnya anaknya gak
apa-apa).
Dan satu lagi, sekarang kalau mau minum susu, waktu nyedot
susunya itu hati-hati banget, dirasa-rasa dulu, takutnya dapet yang gak enak
lagi. Hihihi.
Btw, ada yang pernah punya pengalaman yang sama?
Iya keren, akupun tak menyangka
BalasHapusIya keren, akupun tak menyangka
BalasHapusBagian paling kerennya lagi, sampe disamperin sendiri loh ke rumah plus langsung diuji laboratorium susu yang gk enak tadi. Oke banget ya after sales service nya 👍🏻👍🏻
BalasHapus